Kalibawang - Persyarikatan Muhammadiyah

Kalibawang
Kalibawang
.: Kembali ke PDM Kabupaten Wonosobo

Homepage

Sejarah Muhammadiyah Cabang Kalibawang

DIDUKUNG 3 KELOMPOK JAMAAH MASJID/MUSHOLLA MENJADI PRM


         PCM Kalibawang berlokasi di Desa Mergolangu Kecamatan Kalibawang dengan batas wilayah Kecamatan sebelah barat : Kec. Kaliwiro dan Kec. Wadaslintang sebelah timur : Kec. Sapuran dan Kec. Kepil, sebelah utara : Kec. Kaliwiro dan Kec. Sapuran, sebelah selatan : Kabupaten Purworejo, sekarang ini merupakan periode kepemimpinan pertama sejak berdirinya pada tahun 2022 dengan Ketuanya Bikem Nasrudin. Adapun tokoh pendirinya : Bikem Nasrudin, Rasmin Imam Syafrudin,  Jiteng Sutarto.
        Latar belakang berdirinya PCM Kalibawang karena Kecamatan Kalibawang merupakan satu-satunya Kecamatan di Kabupaten Wonosobo hasil pemekaran pada tahun 2003 yang belum berdiri PCM, padahal ada potensi untuk mendirikan PCM karena sudah ada PRM Mergolangu yang sementara menginduk ke PCM Kaliwiro.
         Proses berdirinya PCM Kalibawang berawal dari SK PDM Nomor : 022/ KEP/III/0.B/14/2021 tanggal 30 Jumadil Awwal 1442 H/13 Januari 2021 tentang Pengangkatan Tim Persiapan Pendirian Ranting dan Cabang Muhammadiyah Kalibawang Kabupaten Wonosobo dengan Susunan Personalia Penanggung Jawab : Ketua PDM Wonosobo, Koordinator :  H. Sukasno, S.Ag (LPCR PDM Wonosobo), Ketua : H. Amin Budi Santoso, SE, Wakil Ketua : Moh. Shokhekh, S.Sos, MM, Sekretaris : Edi Sutaryanto, S.Sos, MM, Anggota : Suharto, S.Pd, Kasno, A.Ma.
         Tim kemudian berkoordinasi dengan PCM Kaliwiro dan PRM Mergolangu untuk membahas persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendirikan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kalibawang. Ternyata ada potensi untuk mendirikan sebuah Cabang Muhammadiyah karena di Desa Mergolangu ada dari tiga kelompok jamaah masjid dan Musholla yaitu jamaah Masjid Al Huda yang berada di tengah Desa Mergolangu, Masjid Miftahul Huda di komplek pemukiman Sabrang Lor dan Musholla Al Ikhlas di komplek pemukiman Waledan, yang ibadahnya sesuai paham Muhammadiyah dan mereka untuk membentuk PRM Mergolangu I,II dan III
          Pada hari ahad tanggal 3 Juli 2022 dilaksanakan Peresmian dan Pelantikan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kalibawang dan Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Kalibawang oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Wonosobo di Balai Desa Mergolangu dan dihadiri selain dari pleno PDM, Majelis Tabligh PDM, PCM Kaliwiro dan PCM Sapuran juga dihadiri Camat Kalibawang, Kades Mergolangu yang diwakili Sekdes Mergolangu, MWC NU dan GP Ansor Kec. Kalibawang.



Sumber : "Sinar Sang Surya di Bumi Asri, Rekam Jejak Gerakan Muhammadiyah di Wonosobo. Ed.Rudyspramz TP2SM Wonosobo, April 2023 

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website