Watumalang - Persyarikatan Muhammadiyah

Watumalang
Watumalang
.: Kembali ke PDM Kabupaten Wonosobo

Homepage

Sejarah Muhammadiyah Cabang Watumalang

 MUHAMMADIYAH TIDAK MUNGKIN BERDIRI DI WATUMALANG


            Muhammadiyah Cabang Watumalang berlokasi di Desa Bumiroso Kecamatan Watumalang dengan batas wilayah sebelah barat : Kabupaten Banjarnegara, sebelah timur : Kecamatan Wonosobo, sebelah utara : Kecamatan Mojotengah, sebelah selatan : Kecamatan Mojotengah, sekarang ini merupakan periode kepemimpinan ke 1 (satu) sejak berdirinya pada tahun 2021 dengan Ketuanya Bapak. Gunadi, S.Pd.
          Latar belakang berdirinya karena Kecamatan Watumalang merupakan satu dari 2 kecamatan di Kabupaten Wonosobo yang belum berdiri PCM, padahal ada potensi untuk mendirikan Ranting dimana sudah ada Ranting Bumiroso Kecamatan Watumalang tapi ikut PCM Wonosobo dan ada Ranting Deles Kecamatan Watumalang tapi ikut PCM Mojotengah, selain itu ada tantangan bahwa Muhammadiyah tidak mungkin bisa berdiri di Kecamatan Watumalang.
       Proses berdirinya PCM Watumalang berawal dari SK PDM Nomor : 23/KEP/ III/0.B/14/2021 tanggal 13 Januari 2021 tentang Pengangkatan Tim Persiapan Pendirian Ranting dan Cabang Muhammadiyah Watumalang Kabupaten Wonosobo dengan Susunan Personalia Penanggung Jawab : Ketua PDM Wonosobo, Koordinator : H. Sukasno, S.Ag (LPCR PDM Wonosobo), Ketua :  Drs. H. Asrori Zaeni, M.Ag, Wakil Ketua :  H. Khozim, Sekretaris : Drs. Tri Martanto, Anggota Drs. H. Rohmadi, M.Kes, Mufarihun, Cahyono Dwi Saputro, S.Pd, Tamlikho, Slamet, S.IP. Dua orang anggota TIm yaitu Asrori Zaeni dan Tri Martanto menyarankan ke Gunadi (PRM Bumiroso) untuk mendirikan PCM Watumalang dan ditindak lanjuti dengan mengadakan pertemuan dengan PRM Deles serta Pendirian PRM Limbangan.
          Pada tgl 27 Maret 2021 diadakan Pelantikan PCM Watumalang di Masjid Nurul Huda Bumiroso dengan Susunan PCM : Ketua :  Gunadi,S.Pd, Sekretaris : Dedi Kurniawan, Bendahara : Daryanto, dengan didukung oleh 3 (tiga) PRM : PRM Bumiroso, PRM Deles dan PRM Limbangan. Untuk menguatkan pimpinnan Cabang dan
 ranting yang baru tersebut pada hari sabtu-MInggu 10-11 April 2021 di SMK Muhamadiyah 1 Wonosobo diadakan Baitul Aqam PCM Watumalang dan 3 PRM se-Cabang Watumalang untuk memberikan bekal ideologis dalam perjuangan menegakkan dakwah Islam melalui organisasi Muhammadiyah, yang diselenggarakan oleh Majelis Pendidikan Kader (MPK) PDM Wonosobo dengan menghadirkan narasumber dari MPK PWM Jateng dan PDM Wonosobo.
         Berdirinya PCM Watumalang tidak/belum ada reaksi dari lingkungan mungkin karena belum tahu atau intensitas kegiatan di Masjid Nurul Huda Bumiroso masih seperti biasa, namun sekarang rutin mengadakan pengajian selapanan ke Ranting-ranting sambil merintis pendirian Ranting-ranting baru, selain itu juga 157 pendataan simpatisan yang tersebar di seluruh wilayah Kecamatan Watumalang. Dalam pengamalan paham agama mulai meninggalkan kegiatan yang bersinggungan dengan TBC secara pelan tanpa menjadikan perpecahan dalam lingkungan.


Sumber : Buku Sinar Sang Surya di Bumi Asri : "Rekam Jejak Gerakan Muhammadiyah di Wonosobo" Ed. Rudyspramz TP2SM Wonosobo, April 2023 
 

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website