Garung - Persyarikatan Muhammadiyah

Garung
Garung
.: Kembali ke PDM Kabupaten Wonosobo

Homepage

Sejarah Muhammadiyah Cabang Garung

PENGEMBANGAN DARI RANTING MENJADI CABANG


       PCM Garung berlokasi di Kecamatan Garung dengan batas wilayah sebelah barat : Kecamatan Mojotengah, sebelah timur : Kecamatan Mojotengah, sebelah utara : Kecamatan Kejajar, sebelah selatan : Kecamatan Mojotengah. Berdiri pada tahun dengan ketuanya Bp. Ainur Rojik, memiliki 3 Ranting, memiliki Amal Usaha : Masjid Darussalam, TK ABA Garung, SD ABF Khalifa, Pengajian Selapanan, adapun tokoh-tokoh pendirinya Mulyono, Surwandi,  Ainur Rojik,  Sunarto (alm),  Masngad (alm),  Sudirman.

            Latar belakang berdirinya PCM Garung adanya desakan dari PDM dan PCM Mlandi yang menganggap Ranting Garung layak untuk didirikan Cabang karena dipandang memiliki SDM yang memadai dan untuk pelebaran ruang dakwah di wilayah Garung. Cikal Bakal Berdirinya PCM Garung di awal tahun 1975 dengan kegiatan pengajian Muhammadiyah dan Aisyiyah yang bertempat di rumah Bapak Mudzakir (alm). Seiring dengan kegiatan pengajian rutin tersebut di tahun 1987 berdiri Ranting Muhammadiyah Garung yang diprakarsasi/dirintis oleh Moch. Zaid, dengan Ketua PRM Garung. H. Ambyah ES (alm), dan pengurus lainnya . H. Mutohar (alm) dan H. Sunardi (alm) dan Pimpinan Ranting Aisyiyah Garung Sietedjo/Siti Bayinah. Di Tahun yang sama 1987 Ranting Muhammadiyah Garung mendirikan Amal Usaha Muhamadiyah (AUM) dengan berdirinya TK ABA Garung di kuatkan dengan Pengajian Rutin Selapanan hari setiap Sabtu Kliwon. Di Tahun II (kedua) mengadakan kegiatan Ibadah Qurban untuk pertama kalinya. Program penguatan bagi Warga Persyarikatan pada bulan Ramadhan di tahun 1988, mulai di adakan buka bersama, pengajian jelang berbuka/futhur, sholat tarawih berjamaah dan pengajian AMM.

            Pada tahun 2015 diadakan Musyawarah Ranting Garung disepakati untuk berubah menjadi Cabang, Amanat yang diberikan kepada PRM Garung segera melakukan koordinasi dan konsolidasi guna peresmian Cabang Muhammadiyah Garung. Pada tanggal 23 Juli 2017 bersamaan dengan Hari Bermuhammadiyah di selengarakan Pengajian Akbar sekaligus Peresmian berdirinya PCM Garung oleh Ketua PDM Wonosobo Drs. H. Bambang WEN. dan di saksikan oleh PP Muhammadiyah  Drs. H.Dahlan Rais,M.Hum, sekaligus pemberi materi pengajian. Acara dihadiri oleh seluruh warga Persyarikatan Muhammadiyah dari semua Cabang di Kabupaten Wonosobo Proses perijinan administrasi dari Kecamatan tidak mendapat halangan, begitu pula dari ormas lain juga ikut mendukung, tidak mempermasalahkan perbedaan paham, saling menghormati dan menghargai, tidak ada penolakan yang menyebabkan timbulnya perpecahan dan permusuhan.


Sumber : Buku "Sinar sang Surya di Bumi Asri : Rekam Jejak Gerakan Muhammadiyah di Wonosobo" ed. Rudyspramz TP2SM Wonosobo, April 2023

 

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website